Jenis-Jenis Ciput untuk Melengkapi Kerudung


Ciput sangat penting dikenakan sebagai dalaman kerudung. Jangan pernah abaikan pakaian yang satu ini. Sebab, ciput berfungsi untuk membuat kerudungmu tetap rapi. Terkadang jenis-jenis ciput yang beredar di pasaran, membuatmu bingung saat memilih. Beda ciput, beda juga fungsi dan cara menggunakannya.

Ciput Ninja
Inilah ciput yang paling popular. Ciput ini dapat menutupi rambut, leher, dan telinga dengan sempurna. Karena itu, para muslimah banyak yang memilih ciput jenis ini sebagai pelengkap kerudung. Entah siapa yang paling dulu memberi nama pada ciput ini. Yang jelas, bentuknya seperti topeng, sehingga ketika dipakai, wajah kita tampak seperti ninja yang terkenal bertopeng.

Ciput Cepol
Ingin kepalamu tampak “berisi”? Ciput cepol jawabannya. Ciput ini biasanya berupa ciput ninja, tapi dilengkapi bulatan di bagian belakang. Selain berfungsi “mengisi” kepala, ciput cepol berguna untuk mengangkat kerudung bagian belakang agar lebih berbentuk.

Ciput Antem
Jika kamu merasa pipimu tembam, pakailah ciput antem. Antem adalah singkatan dari anti tembam. Sesuai namanya, ciput ini berfungsi menyembunyikan sebagian pipimu agar tampak lebih tirus. Ciput ini dibuat sedemikian rupa, sehingga jahitannya terletak lebih ke depan. Jadi, jangan takut pipimu tampak membulat. Kan, sudah ada ciput antem.

Ciput Arab
Bentuknya seperti bandana, tetapi lebih lebar. Ciput ini dapat dikenakan jika kamu ingin ciput yang simpel. Kekurangannya adalah tidak dapat menutupi bagian leher. Bagian telinga pun sering tidak tertutup dengan baik. Karena itu, pandai-pandailah memilih kerudungnya agar dapat menutupi leher, telinga, dan rambut dengan baik.

Ciput Topi
Ciput ini dapat dikenakan jika kamu ingin mengenakan kerudung yang tidak menutupi dahi. Ciput topi sangat cocok untuk yang berwajah bulat. Jadi, bagian dahi tetap tampak, agar wajah tampak lebih panjang.

Jenis-jenis ciput yang ada di pasaran memang banyak. Kamu harus dapat memadu padankannya dengan model kerudung yang sesuai.

Leave a Reply