Perancang-Perancang Busana Muslimah Indonesia


New Products

Sejak adanya Indonesia Islamic Fashion Fair 2010, Indonesia dikabarkan dapat menjadi kiblat fashion muslim dunia. Pendapat ini bukan mengada-ada, sebab, semakin hari, para perancang busana muslimah Indonesia semakin menciptakan trend busana muslimah yang digandrungi perempuan di seluruh dunia.

Banyaknya ragam motif dan corak kain di Indonesia membuat para perancang dapat leluasa bereksperimen dalam membuat karya busana muslimah. Tidak percaya? Yuk, kita simak nama-nama desainer busana muslimah Indonesia yang tengah berjaya.

Dian Pelangi

Nama yang satu ini sudah tidak asing lagi. Dalam merancang busana muslimah, Dian menitikberatkan pada motif jumputan Palembang yang penuh warna. Dian sudah membawa busana rancangannya di panggung internasional seperti Singapura, Malaysia, Australia, Yordania, Kairo, Inggris, dan negara-negara lainnya.

Dian mengawali karirnya sebagai desainer sejak berusia 18 tahun dengan meneruskan usaha orangtuanya. Kini, tujuannya dalam merancang busana muslimah adalah agar para muslimah dapat tampil trendi dan modis, jauh dari kesan kampungan.

Jenahara Nasution

Jenahara menjadi desainer busana muslimah, bisa dikatakan karena mengikuti jejak ibunya, Ida Royani. Meskipun demikian, Jehan, nama panggilan wanita ini, memiliki selera yang berbeda dengan ibunya. Rancangan Jehan lebih banyak bergaya urban, sehingga cocok dikenakan oleh para muslimah yang berjiwa muda.

Monika Jufry

Sama seperti Jenahara, ibunda Monika, Gusmi Jufry, adalah perancang busana senior. Tak heran jika setelah lulus dari fakultas ekonomi di sebuah universitas swasta di Jakarta, Monika malah banting stir melanjutkan kuliah di Sekolah Mode Susan Budiharjo.

Monika dan ibunya bekerja sama menggunakan label Sessa, yang bergerak dalam bidang usana kasual siap pakai. Monika juga mengeluarkan label bertajuk namanya sendiri, untuk rancangan busana muslimah eksklusif. Dikatakan eksklusif karena Monika hanya membuat rancangan berdasarkan pesanan. Karena itulah rancangannya tidak banyak ditemukan di pasaran.

Tak heran jika hasil rancangan Monika pernah dikenakan oleh Ibu Ani Yudhoyono untuk acara tertentu. Selain itu, hasil karya Monika juga telah dipamerkan di beberapa negara.

Iva Latifah

Dia adalah perancang busana muslimah senior. Pada 1994, Iva dan beberapa temannya mendirikan Ikatan Perancang Busana Muslim Jawa Barat.

Iva memilih menjadi desainer busana muslimah karena pada awal karirnya di era 1970-an, masih sedikit sekali muslimah yang mengenakan pakaian muslimah yang syar’i. Selain itu, menurutnya, banyak bagian tubuh kaum wanita yang harus ditutup, berbeda dengan kaum laki-laki.

Ciri khas busana rancangan Iva, kental dengan nuansa etnik Indonesia, dan dibuat dengan model yang modern.

Irna Mutiara

Karya rancangannya yang bertajuk Irna La Perle, mewujudkan setiap wanita tampil anggun di hari istimewanya. Ya, Irna adalah desainer busana pengantin muslimah yang modern dan tetap syar’i.

Gaun pengantin rancangan Irna tidak melulu berupa kebaya yang ditambah kerudung, melainkan berpotongan unik dengan warna-warna yang cantik.

 

Untuk kamu yang ingin menjadi desainer busana muslimah atau tampil cantik namun tetap syar’i, rancangan-rancangan desainer di atas dapat menjadi inspirasimu.

Leave a Reply